Bahasa Indonesia

March 15, 2008

LEMBAGA PENDAMPINGAN DAN

PENGEMBANGAN MASYARAKAT

MISKIN PEDESAAN (SIMETRI)

Jl. Pelajar Gg. Sehati No. 5 Telp. (061) 7331079 Medan Kota -20217- Sumatera UtaraEmail: simetri_ruralcommunity@yahoo.co.id.

Umum:

Kondisi sosial ekonomi masyarakat pedesaan di Indonesia sangat memprihatinkan. Pendapatan perkapita dan keluarga yang rendah, kondisi gizi yang buruk, dan tingginya anak-anak putus sekolah menjadi persoalan yang hingga kini belum terpecahkan. Sektor pertanian, sumber penghasilan utama masyarakat pedesaan, tidak memberikan kontribusi yang maksimal. Persoalannya adalah terbatasnya pengetahuan petani menerapkan cara-cara pertanian modern. Disamping itu, juga disebabkan oleh ketidakmampuan petani untuk membeli pupuk dan pestisida yang sangat mahal, sehingga berdampak pada panen yang rendah maupun penghasilan. Oleh karena itu, sisi negatif dari keadaan ini adalah kondisi gizi dan kesehatan yang buruk serta kurangnya minat untuk bersekolah. Dengan demikian, masyarakat desa di Indonesia semakin marginal. Oleh karena itu, kontribusi pemikiran untuk menemukan cara dan strategi yang dapat mengangkat status sosial ekonomi masyarakat desa sangat dibutuhkan, berupa memberikan pendidikan pertanian modern, pendidikan gizi dan kesehatan serta peningkatan kesadaran terhadap sekolah.

Tujuan:

Yaitu perbaikan kondisi sosial ekonomi masyarakat miskin Pedesaan melalui sektor pertanian, kesadaran gizi dan kesehatan yang lebih baik dan peningkatan kesadaran terhadap pendidikan sekolah.

Wilayah Kerja:

SIMETRI, salah satu LSM di Indonesia yang konsern dengan masyarakat miskin pedesaan, melakukan program-program pemberdayaan di seluruh wilayah desa di Indonesia dengan tidak memandang suku, ras, warna kulit ataupun agama.

A. Tentang SIMETRI

SIMETRI adalah sebuah lembaga nirlaba independent yang berbentuk organisasi non pemerintah yang bergerak dalam bidang kajian budaya dan pembangunan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan. Selain itu, juga menyelenggarakan tugas – tugas kemanusiaan yang berkaitan dengan situasi dan kondisi tertentu seperti musibah bencana alam. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh komunitas masyarakat pedesaan, membuat mereka termarjinalkan dalam terminologi serta kebijakan pembangunan yang sangat tidak berpihak bagi kehidupan mereka. Disamping itu, sentralisasi segala aspek pembangunan diperkotaan mengakibatkan meningkatnya arus migrasi masyarakat pedesaan ke perkotaan dengan alasan mencari pekerjaan, melanjutkan sekolah ataupun adanya anggapan bahwa masyarakat desa identik dengan keterbelakangan, tidak maju dan tidak modern. Dengan demikian, kondisi pedesaan semakin tertinggal yang tanpa diimbangi oleh adanya kebijakan untuk membangun desa dan masyarakatnya.Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat pedesaan terasa penting artinya sehingga mereka memiliki kemampuan dan kesanggupan untuk mempertahankan hidupnya serta memajukan daerahnya. Dengan begitu, masyarakat kebudayaan di pedesaan dapat memiliki paradigma untuk membangun dirinya sendiri dan daerahnya sehingga mampu bersaing dengan masyarakat perkotaan yang lebih banyak menikmati hasil–hasil dan prioritas pembangunan.

B. SIMETRI : Visi dan Misi

Adapun yang menjadi Visi SIMETRI adalah Community Development Asistance yang memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat pedesaan. Sedangkan Misi SIMETRI adalah pencapaian masyarakat pedesaan yang maju, modern dan bermartabat secara ekonomi dan sosial dengan tetap mengembangkan kreativitas masyarakat.

C. SIMETRI : Tujuan dan Sasaran

Adapun tujuan dan sasaran utama SIMETRI adalah difokuskan pada masyarakat pedesaan, yaitu dengan melakukan kegiatan seperti inventarisasi, pengkajian dan implementasi terhadap berbagai permasalahan, kendala dan hambatan yang dihadapi oleh masyarakat pedesaan. Sehingga memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam mencapai taraf hidup yang sempurna, maju dan bermartabat. Selain itu juga melakukan kegiatan pendampingan dalam upaya membina, mendidik kearah yang lebih baik.Masyarakat pedesaan yang dimaksud adalah daerah–daerah yang kurang maju dan terisolir sehingga dengan membuka keterisoliran tersebut mereka dapat melihat perkembangan yang mengitari daerahnya dalam upaya meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi yang berdaya guna dan tepat guna sesuai dengan konsep masyarakat global yang memiliki peradapan universal.SIMETRI dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah dikembangkan, maka adapun kerangka kerja SIMETRI adalah meliputi :a. InventarisasiYaitu dengan melakukan kegiatan penelitian, survey ataupun pemetaan dalam upaya mengumpulkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh komunitas pedesaan. Persoalan itu dapat meliputi: terbatasnya pengetahuan dan kemampuan, faktor–faktor penghambat kemajuan serta keterbatasan yang mereka miliki. Dengan demikian, kegiatan inventarisasi bertujuan untuk menemukan permasalahan untuk pembangunan sosial maupun ekonomi masyarakat desa yang mengakibatkan ketertinggalan wilyah, mentalitas dan fisik.b. PengkajianYaitu melakukan pengkajian terhadap permasalahan yang telah diinventarisir dengan mengikuti metode-metode dan pendekatan sistematik ilmiah. Dikembangkan dengan berbagai teori sesuai dengan masalah yang sedang dikaji dan kemudian menarik kesimpulan secara teoritis dan statistik.c. ImplementasiYaitu impliksi kebijakan berdasarkan temuan–temuan yang diperoleh melalui kajian ilmiah sistematik. Imlikasi yang dimaksud adalah implikasi nyata dan kongkrit yang memberikan kontribusi langsung kepada komunitas pedesaan. Sehingga, komunitas pedesaan memiliki paradigma dalam membangun diri sendiri dalam rangka membangun perekonomiannya, wilayahnya dan sosialnya.d. PendampinganYaitu kegiatan yang dilakukan terhadap berbagai program yang membutuhkan pendampingan (Asistance) sehingga secara bersama–sama dapat ditemukan permasalahan, perbaikan dan implikasi nyata program.

E. SIMETRI: Bidang dan Wilayah Kerja

Wilayah kerja SIMETRI meliputi daerah–daerah di Indonesia dengan mengutamakan komunitas masyarakat pedesaan ataupun daerah–daerah yang terisolir yaitu pemberdayaan masyarakat pedesaan. Secara kondisional, juga bekerja pada daerah–daerah yang dilanda musibah bencana alam.Bidang kerja SIMETRI mencakup hal–hal yang berkaitan dengan hakikat pembangunan masyarakat pedesaan seperti: Pembangunan Hak Azasi Manusia, Gender dan Kekerasan terhadap anak–anak dan perempuan, pendidikan dan kesehatan serta Ekosistem dan Lingkungan Hidup.Secara khusus SIMETRI tidak akan mengesampingkan hal–hal lain yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat pedesaan yang belum termasuk dalam bidang kerja yang ditetapkan diatas

F. SIMETRI: Kerjasama

Simetri akan selalu menjalin kerjasama dengan pihak lain dan seperti lembaga–lembaga masyarakat, kordinasi dengan pemerintah sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap berbagai kebijakan dan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan. Kendati demikian, SIMETRI akan selalu mempertahankan posisi organisasinya yang nirlaba independent dan organisasi non pemerintah.

G. SIMETRI: Pendanaan Kegiatan

SIMETRI dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat pedesaan maupun tugas-tugas kemanusiaan lainnya, ditopang semaksimal mungkin oleh swadana. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam menyelenggarakan kegiatan itu, ditopang oleh sumbangan dana dari berbagai pihak seperti lembaga perusahaan, penyumbang (donor) maupun simpatisan yang berasal dari dalam dan luar negeri.Dalam hal pendanaan ini, SIMETRI akan selalu menjaga prestasinya sebagai organization non profit dan non pemerintah

H. SIMETRI: Sumber Daya Manusia

Dalam rangka mendukung dan menyukseskan setiap program yang dilaksanakan, SIMETRI akan mengikutsertakan sumber daya manusia yang tepat dan pakar dalam bidangnya, sehingga dapat menunjukkan hasil yang maksimal, efektif dan efisien melalui kaidah-kaidah perekrutan.

I. SIMETRI: Komitmen

Dalam setiap menjalankan tugas-tugasnya, SIMETRI akan selalu berpedoman kepada komitmen utamanya yakni pemberdayaan masyarakat pedesaan dan melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan sesuai dengan azas organisasi non profit yang independent dan non pemerintah.

Program Kerja 2007-2008:

Pada tahun 2007-2008, SIMETRI melakukan program pendampingan terhadap penduduk desa di dua kabupaten di provinsi Sumatera Utara dalam dua bentuk: 1). Program Pendampingan Masyarakat Miskin Pedesaan Melalui Sistem Pertanian Tumpang Sari antara Cabai Merah dan Padi di Simalungun Sumatera Utara Indonesia, 2) Program Pemberdayaan Masyarakat Pantai Melalui Budi Daya Ikan Mas dan Kepiting Bakau Dalam Keramba di Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Program yang disebut pertama ditujukan pada petani di lahan kering, didesa yang relatif jauh dari pesisir pantai. Sedang program yang kedua dilakukan pada masyarakat nelayan yang berada di tepi pantai. Disamping itu, juga dilakukan pemeriksaan gizi dan kesehatan maupun pendidikan alternatif bagi anak yang putus sekolah.

Tujuan Program:

Program kerja yang sedang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat miskin pedesaan melalui : 1) budidaya cabai merah dengan Padi, 2) budidaya Ikan Mas dengan Kepiting Bakau, 3) pendidikan kesadaran terhadap gizi, kesehatan dan pendidikan sekolah.

Waktu Pelaksanaan Program:

Program ini telah berjalan sejak February 2007 sampai Desember 2008. Program ini merupakan proyek percontohan (pilot proyek) kepada penduduk desa dengan melibatkan 80 keluarga atau 350 jiwa. SIMETRI Melakukan pemberdayaan berupa : 1) budidaya cabai merah dengan padi, dan 2) budidaya Ikan Mas dengan Kepiting Bakau.

Bentuk Program:

Melakukan program pendampingan terhadap penduduk dalam rangka 1) budidaya Cabai Merah dengan padi, dan 2) budi daya Ikan Mas dengan Kepiting Bakau. Pendampingan meliputi: 1) pemberian cara-cara penanaman, 2) Pemeliharaan,dan 3) perawatan. Disamping itu, pendidikan kesadaran terhadap gizi dan kesehatan serta sekolah dipedesaan turut diberikan oleh tim kesehatan yang dilakukan oleh SIMETRI. Para peserta didampingi setiap hari oleh petugas lapangan yang disediakan SIMETRI yang bertugas untuk memberikan masukan-masukan pada setiap kesulitan yang dihadapi peserta program

Pembiayaan Program:

Program ini dilaksanakan dengan swadana SIMETRI, dan belum mendapatkan bantuan dana dari pihak manapun. Pada saat ini, dana SIMETRI sedang dalam kondisi sulit sehingga mendorong SIMETRI untuk memperoleh bantuan dana sehingga program ini dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Implikasi Program:

Program pemberdayaan yang dilakukan SIMETRI meliputi pendidikan cara-cara bertani modern dalam budidaya Cabai dan Padi serta pemeliharaan Ikan Mas dan Kepiting Bakau dalam Keramba. Memberikan peralatan yang dibutuhkan selama program maupun mendatangkan para ahli untuk menemukan permasalahan yang dihadapi. Disamping itu, juga diberikan pendidikan kesadaran terhadap gizi, kesehatan dan pendidikan sekolah.

Permasalahan:

Program ini sangat menarik perhatian para peserta. Minat tersebut tampak pada tingginya jumlah keluarga yang ingin terlibat serta merasakan langsung manfaat dari program ini. Namun, keterbatasan dana SIMETRI menjadi penghambat dalam memperluas program kerja ini kepada masyarakat miskin di pedesaan. Oleh karena itu, SIMETRI bermaksud melibatkan dan meningkatkan jumlah peserta yang lebih banyak dengan cara mencari bantuan dana dalam pelaksanaan program ini. Sehingga manfaat program ini lebih dapat dirasakan oleh masyarakat miskin dipedesaan. Disamping itu, SIMETRI juga ingin melebarkan program ini hingga ke daerah-daerah lain khususnya di Sumatera Utara, sehingga program ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam peningkatan pendapatan perkapita dan keluarga di pedesaan. Oleh karena itu, SIMETRI sangat mengharapkan bantuan dana dari berbagai pihak dalam kesinambungan program ini sehingga keinginan para petani pedesaan itu dapat tercapai. Dalam hal ini, SIMETRI sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat, telah berupaya untuk memperoleh bantuan dana dalam menyokong program ini kepada LSM-LSM dalam negeri dan luar negeri. Semboyan ”Memberi Walau Terluka (give until it hurts)” menjadi motivasi SIMETRI untuk melakukan tugas-tugas yang mulia ini dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak hidupnya. Dengan demikian, SIMETRI sangat mengharapkan bantuan dana dalam melanjutkan program ini. Dengan senang hati, SIMETRI akan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya berapapun besarnya donasi anda.

Penutup:

SIMETRI, tetap mengutamakan karya dan pengabdian kepada masyarakat miskin pedesaan dalam implikasi programnya. Untuk kesinambungan program-program itu, SIMETRI sangat membutuhkan dukungan dana sehingga masyarakat pedesaan dapat merasakan manfaat dari program-program ini. Sekecil apapun donasi, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Akhirnya, semoga kasih menyertai kita semua. Kepada anda, jika menginginkan profil SIMETRI secara lengkap, ataupun proposal secara rinci, dapat kami kirimkan segera. Harapan kami, semoga anda tertarik dengan program ini.

Kontak :

SIMETRI, sebuah LSM kecil yang peduli dengan kemiskinan masyarakat miskin pedesaan. Sejak berdirinya di tahun 2001, telah melakukan program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat miskin di pedesaan dengan konsentrasi: 1) pertanian, 2) Gizi dan kesehatan serta 3) pendidikan.

Surat menyurat dapat dialamatkan ke kantor pusat:

SIMETRI Jl. Pelajar Gg. Sehati No. 5 Medan Kota Sumatera Utara

email: simetri_ruralcommunity@yahoo.co.id, atau

eronddamanik@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: